Inilah 5 Isi Deklarasikan Madrasah Aman, Nyaman, dan Menyenangkan

Notification

×

Iklan

Iklan

Inilah 5 Isi Deklarasikan Madrasah Aman, Nyaman, dan Menyenangkan

Rabu, 16 Oktober 2024 | 12:30 WIB Last Updated 2024-10-16T05:30:00Z

 



NUBANDUNG.ID -- Kementerian Agama mendeklarasikan Madrasah Aman, Nyaman, dan Menyenangkan pada Pembukaan Seminar Nasional Diseminasi Hasil AKMI 2024 di Jakarta. 

Hal ini menjadi juga menjadi momentum untuk menciptakan madrasah sebagai tempat yang membahagiakan semua orang yang ada di dalamnya.


Ketua Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Ai Maryati Solihah mengatakan perlunya melibatkan masyarakat dalam mewujudkan sekolah ramah anak dan sekolah aman untuk anak.


"Ada peristiwa dan kejadian yang melibatkan peserta didik dan berkaitan dengan hukum, tentu hal ini sangat tidak kita harapkan terjadi. Ini lah yang membuat madrasah perlu melibatkan semua warga madrasah dan juga warga masyarakat dalam mewujudkan Madrasah Aman, Nyaman dan Menyenangkan," kata Ai Maryati Solihah dalam keterangannya, Rabu (16/10/2024)


“Komitmen Kemenag terhadap perlindungan anak menjadi hal yang sangat kongkrit dan implementatif serta sudah sama-sama kita rasakan kemajuan madrasah dari waktu ke waktu,” sambungnya.


Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah M Sidik Sisdiyanto menambahkan, deklarasi ini menjadi komitmen Kementerian Agama dalam menciptakan kondisi belajar yang aman, nyaman dan menyenangkan di Madrasah. “Sehingga, siswa madrasah bisa tumbuh sehat dan bahagia,” ungkapnya.


Berikut Isi Deklarasi Madrasah Aman, Nyaman dan Menyenangkan


Kami Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, Kesiswaan (KSKK) Madrasah Bersama seluruh Kepala Bidang Pendidikan Madrasah/ Bidang Pendidikan Islam Kanwil Kementerian Agama beserta guru, Kepala dan Pengawas Madrasah berkomitmen:


1 - Menjamin dan memenuhi haka nak serta melindungi anak selama berada di Madrasah

2 - Mewujudkan Madrasah aman dan nondiskriminasi untuk kepentingan terbaik bagi anak

3 - Mewujudkan Kondisi Madrasah yang nyaman bagi perkembangan siswa.

4 - Mewujudkan Madrasah yang menyenangkan demi mendukung pembelajaran yang optimal

5 - Mewujudkan Madrasah bebas dari Tindakan kekerasan dan pencegahan bullying