9 Kesenian Apa Aja Sih yang Tampil di Teras Sunda Cibiru?

Notification

×

Iklan

Iklan

9 Kesenian Apa Aja Sih yang Tampil di Teras Sunda Cibiru?

Sabtu, 12 Oktober 2024 | 12:30 WIB Last Updated 2024-10-12T05:30:00Z

 


NUBANDUNG.ID -- Teras Sunda Cibiru, yang berada di bawah naungan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung, merupakan destinasi wisata dan pusat kegiatan seni budaya khas Sunda.


Teras Sunda Cibiru, yang berada di bawah naungan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung, merupakan destinasi wisata dan pusat kegiatan seni budaya khas Sunda. Resmi dibuka pada 31 Oktober 2018, tempat ini mengusung desain arsitektur yang sarat dengan nuansa budaya Sunda.


Sebagai wadah kreatif bagi para seniman, Teras Sunda Cibiru menjadi ruang berkarya dan tempat untuk mempromosikan berbagai hasil seni. Di sini, seniman rutin melakukan latihan dan mengadakan pertunjukan seni baik harian maupun mingguan.




Dilansir oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung, Kalian bisa menemukan beragam kesenian yang hidup di Teras Sunda Cibiru seperti:


A. Kecapi Kawih

Seni kecapi kawih menonjolkan alat musik kecapi sebagai instrumen utama, sementara kawih merupakan nyanyian Sunda yang terikat oleh irama. Di Teras Sunda Cibiru, seni ini dipentaskan seminggu sekali, menampilkan keindahan harmonisasi kecapi siter dengan 20 senar yang melantunkan nada-nada khas Sunda.


B. Tembang Sunda Cianjuran

Berawal dari Cianjur dan dikenal sebagai mamaos, seni vokal ini berubah nama menjadi Tembang Sunda Cianjuran pada tahun 1930-an dan semakin populer setelah diresmikan pada 1962. Di Teras Sunda Cibiru, latihan Tembang Sunda kerap digelar bersamaan dengan pertunjukan kecapi kawih dan seni lainnya.


C. Tari Jaipongan

Seni Tari Jaipongan juga rutin diadakan di Teras Sunda Cibiru, mirip dengan yang ada di Padepokan Mayang Sunda. Setiap hari, para penari mulai berlatih dari pukul 14.00 hingga 18.00 WIB, dan pengunjung dapat langsung menikmati pertunjukan di tempat ini.


D. Seni Benjang

Seni Benjang, yang berasal dari abad ke-17, memadukan seni musik dan olahraga tradisional. Latihan seni ini di Teras Sunda Cibiru dilakukan secara insidental, dengan pemberitahuan melalui media sosial sehari sebelumnya.


E. Seni Reak

Seni Reak, yang dikenal dengan penampilan barong singa, memadukan elemen tradisional dengan simbolisme sejarah. Latihan seni ini diadakan insidental di Teras Sunda Cibiru, serupa dengan seni Benjang.


F. Pencak Silat

Sebagai salah satu seni bela diri yang populer di Indonesia, pencak silat sering dilatih dua kali seminggu di Teras Sunda Cibiru. Para atlet di sini juga kerap mengikuti kompetisi di tingkat lokal hingga internasional.


G. Seni Lukis

Pengunjung Teras Sunda Cibiru dapat menyaksikan proses kreatif para pelukis setiap hari. Karya seni yang dihasilkan di sini juga bisa dibeli langsung oleh pengunjung.


H. Musik Kolaborasi

Musik kolaborasi di Teras Sunda Cibiru memadukan berbagai jenis alat musik untuk menciptakan harmoni yang unik. Pertunjukan musik kolaborasi ini diadakan seminggu sekali, menawarkan pengalaman musik yang berbeda.


I. Teater Modern

Teater modern, yang terinspirasi oleh teori Barat, menyajikan cerita-cerita dari kehidupan sehari-hari atau karya sastra. Latihan teater di Teras Sunda Cibiru juga rutin dilakukan seminggu sekali, sejalan dengan seni lainnya.



Itu dia beberapa aktivitas kesenian yang bisa kalian temukan di Teras Sunda Cibiru, jadi tunggu apalagi Ayo kita berwisata budaya ke Teras Sunda Cibiru!