Yuk Kenali Pak Toto Laswi: 26 Tahun Melayani Service Berbagai Jenis Kamera

Notification

×

Iklan

Iklan

Yuk Kenali Pak Toto Laswi: 26 Tahun Melayani Service Berbagai Jenis Kamera

Senin, 30 September 2024 | 12:30 WIB Last Updated 2024-10-04T23:21:42Z

 



NUBANDUNG.ID -- Toto awalnya berprofesi sebagai teknisi kamera di Studio bernama Modern Foto. Pada saat itu jabatan yang ia miliki adalah seorang kepala teknisi kamera. Dengan kemampuan dan pengalaman yang dimiliki, pada tahun 1998 Toto mencoba merintis usahanya sendiri dibidang service kamera di Jalan Laswi No 126, Kelurahan Samoja, Kecamatan Batununggal.


“Dulu A Toto pernah kerja di Studio Modern Foto di Jl. Riau. Sekarang studionya sudah gaada, berganti jadi klinik kesehatan,” ujar Budi adik kandung Toto saat ditemui di tempat service kamera Pak Toto Laswi dikutip dari laman Kota Bandung.


Tempat usaha yang dirintis oleh Toto bisa dibilang sederhana, sebuah rumah di dalam gang dengan plang bertuliskan “Camera & Flash Service.” Walau begitu, kemampuan Toto dalam memperbaiki kamera tidak bisa diragukan. Tempat ini sudah mempunyai pelanggan setia, khususnya para fotografer senior di Kota Bandung.


“Kalo pelanggan sih engga nentu. Tapi banyak fotografer yang suka kesini buat service kamera sama lensa,” tambah Budi.


Toto melayani service berbagai merek kamera, baik kamera analog, DSLR, dan juga Mirrorless. Toto juga melayani perbaikan flash kamera dengan berbagai kerusakan yang dimiliki.


“Kalo merek kamera kita semua bisa tergantung kerusakan. Kalo ada bagian elektronik yang rusak seperti motherboard, kita engga berani beli online sparepartnya. Kita selalu kasih saran untuk coba service di dealer resminya terlebih dahulu,” ucap Budi.


Untuk harga, tarif yang diberikan relatif terjangkau jika dibandingkan dengan tempat service lainnya di Kota Bandung. Untuk cleaning, tarif yang dipatok mulai dari Rp150.000 tergantung jenis lensa.


Sebagai seorang teknisi kamera, Budi menyarankan agar kamera dan lensa rajin dirawat agar terhindar dari kerusakan. Kerusakan kamera bisa terjadi karena perawatan yang kurang.


“Ya paling saya sarankan kamera kalo tidak dipakai disimpan saja dalam dry box. Kalau engga punya bisa pakai wadah penyimpanan makanan yang kedap udara dan di taro silica gel. Bisa juga ditambahkan lampu 5watt untuk menghindari jamur yang tumbuh di sensor dan lensa,” tuturnya.


Bagi kalian yang ingin berkunjung, kalian bisa menghubungi nomor whatsapp +628122030202 (Pak Toto). Kalian bisa membuat janji temu terlebih dahulu sebelum berkunjung. Untuk jam operasional buka Senin-Sabtu pukul 09.00-17.00, Hari besar dan tanggal merah tutup.