Tahu Ga Sih, 5 Jalan di Bandung Ini Berasal dari Singkatan, Jalan ABC Punya Arti Ini

Notification

×

Iklan

Iklan

Tahu Ga Sih, 5 Jalan di Bandung Ini Berasal dari Singkatan, Jalan ABC Punya Arti Ini

Senin, 09 September 2024 | 18:30 WIB Last Updated 2024-09-10T03:16:09Z

 



NUBANDUNG.ID -- Penamaan sebuah jalan ataupun daerah memiliki sejarah yang panjang. Penamaan jalan biasanya diambil dari nama tokoh atau kejadian yang melatarbelakangi dibuatnya jalan tersebut


Di Kota Bandung, ada beberapa nama jalan yang berasal dari singkatan. Nama-nama jalan ini disingkat agar lebih sederhana dan masyarakat mudah melafalkannya.


Dilasnir dari laman Kota Bandung, salah satu jalan di Kota Kembang yang berasal dari singkatan adalah Jalan Gatsu. Jalan penghubung pusat kota ini merupakan singkatan dari nama salah satu pahlawan Indonesia, Gatot Soebroto.


Selain Gatsu ada empat jalan lainnya di Bandung yang berasal dari singkatan, berikut daftarnya.


1. Jalan Pasupati


Jalan pertama yang namanya merupakan singkatan adalah Pasupati. Nama jembatan Pasupati ternyata adalah singkatan dari Pasteur-Surapati.


2. Jalan Gatsu


Nama jalan kedua yang berasal dari singkatan adalah Gatsu. Jalan Gatsu adalah singkatan dari Gatot Subroto.


3. Jalan Otista


Sementara jalan ketiga berasal dari singkatan di Kota Bandung adalah Otista. Otista merupakan singkatan dari Otto Iskandar Dinata.


4. Jalan Suci


Sedangkan nama jalan keempat yang berasal dari singkatan adalah Jalan Suci. Suci adalah singkatan dari Surapati-Cicaheum.


5. Jalan ABC


Terakhir, nama jalan yang berasal dari singkatan di Bandung adalah Jalan ABC. Jalan ABC berasal dari singkatan A (Arab), B (Bumiputera/pribumi), dan C (China). Dinamakan begitu, karena di tempat ini banyak yang berasal dari tiga etnis tersebut