Yuk Merapat ke Cigondewah, Surganya Kain di Kota Bandung

Notification

×

Iklan

Iklan

Yuk Merapat ke Cigondewah, Surganya Kain di Kota Bandung

Sabtu, 10 Agustus 2024 | 06:30 WIB Last Updated 2024-08-11T23:55:29Z



NUBANDUNG.ID -- Cigondewah merupakan surga aneka jenis kain dengan kualitas nomer wahid namun paling ramah kantong. Penjual kain Cigondewah mulai berkembang awal tahun 1982.


Cigondewah, sebuah kawasan yang terletak di Kecamatan Bandung Kulon, Kota Bandung. Sudah lama menjadi pusat industri kain lokal yang sarat akan sejarah.


Dilansir dari laman Kota Bandung, Cigondewah sudah terkenal menjadi sentra kain terbesar di Kota Bandung sejak awal tahun 2000-an. Nama harumnya sebagai pusat tekstil tak cuma di Indonesia, namun juga telah diketahui hingga mancanegara seperti Afganistan, Yaman, Malasia, Mesir, dan Bruney.


Bagi konsumen lokal, Cigondewah merupakan surga aneka jenis kain dengan kualitas nomer wahid namun paling ramah kantong. Warga biasa yang ingin buat seragam sekolah atau acara akad nikah, sudah pasti berburu bahan di Cigondewah.


Bukan cuma soal harga, sentra kain Cigondewah banyak dipilih karena menyodorkan berbagai jenis kain. Hal itu membuat pembeli lokal memiliki banyak pilihan dari sisi bahan, motif, hingga kualitas. Ada ratusan jenis kain yang dijual di Cigondewah, seperti sivon, brukat, satin, songket, katun, twill, taslan, despo, furing dalam, Batik, fleace, kain keras dan lain-lain.


Penjual kain Cigondewah mulai berkembang awal tahun 1982. Sebelum tahun 1982 Cigondewah hanyalah desa kecil dengan luas tak lebih dari 400 hektare. Ketika adanya pemekaran wilayah tahun 1982, wilayah Cigondewah dipecah menjadi dua. Kedua daerah tersebut terkenal dengan Cigondewah Kaler, masuk ke wilayah kota Bandung dan Cigondewah Hilir dibawah kabupaten Bandung.


Pada awalnya warga mengolah limbah industri tekstil. Dari sana, limbah kain dijual kembali dengan kepada masyarakat. Ternyata, permintaan sangat besar sehingga banyak warga lain ikut berjualan.


Sebaran toko pedagang kain bukan hanya di pinggir jalan tapi ada di rumah warga. di Cigondewah terdapat Kawasan-kawasan pertokoan seperti kain Tekstil Cigondewah atau KTC, Pusat Tekstil Cigondewah atau PKC, Area Tekstil Darussalam (ADT) Cigondewah, dan lainnya.


Keberhasilan industri kain tekstil di Cigondewah tidak hanya memberikan manfaat ekonomi bagi masyarakat setempat, tetapi juga memperkenalkan kain lokal kepada dunia. Kain-kain tekstil dari Cigondewah telah menjadi daya tarik bagi wisatawan dan pengusaha fashion.


Sejak 2007, seraca resmi jadi pusat penjualan kain oleh Pemkot Bandung. Terbaru, Cigondewah diresmikan jadi Kampung Kreatif Wisata Kota Bandung, bersama empat kampung wisata kreatif lainnya di Braga, Cigadung, Binong Jati dan Cinambo.