Tahu Ga Sih, Oncom asal Kota Bandung

Notification

×

Iklan

Iklan

Tahu Ga Sih, Oncom asal Kota Bandung

Senin, 26 Agustus 2024 | 08:02 WIB Last Updated 2024-08-26T01:02:29Z

 



NUBANDUNG.ID -- Oncom merupakan salah satu makanan yang diolah dengan cara fermentasi khas Jawa Barat, khususnya Kota Bandung. Proses fermentasinya diperoleh dari campuran kapang, yang dicampur dengan sisa bungkil kacang tanah, ampas tahu, ampas kedelai, atau ampas kelapa yang difermentasikan.


Oncom ternyata punya sejarah yang cukup Panjang, bahwa oncom diperkirakan sudah dikonsumsi hampir bersamaan dengan tempe. Menurut sejarahnya, Oncom merupakan olahan fermentasi yang sudah ada sejak abad ke-17. Penamaan “oncom” sendiri mulai populer di abad ke-19, berdasarkan keterangan para ahli botani asal Belanda.


Dilansir dari laman Kota Bandung, pada mulanya, Oncom lahir dari kreativitas masyarakat Jawa Barat pada zaman dahulu dalam mengawetkan makanan sisa. Mereka melakukan teknik fermentasi terhadap sisa bungkil kacang tanah, ampas tahu, ampas kedelai, dan ampas kelapa.


Secara garis besar oncom ada dua macam, yakni oncom merah dan oncom hitam. Oncom merah biasanya terbuat dari bungkil tahu, atau kedelai yang telah diambil proteinnya dalam pembuatan tahu. Sedangkan oncom hitam biasanya dibuat dari bungkil kacang tanah yang dicampur dengan ampas singkong.


Oncom hitam biasanya populer di wilayah Priangan seperti Bandung, Tasikmalaya, dan Garut. Oncom ini yang seringkali jadi bahan baku pembuatan nasi tutug oncom. Sementara oncom merah biasanya populer di wilayah sekitar Bogor bahkan hingga Jakarta untuk mempopulerkan oncom sejak masa lalu.


Pada masa kini, oncom lebih banyak dijual dalam bentuk keripik oncom, yaitu gorengan irisan tipis oncom yang dilumuri tepung terutama pada penjual oleh-oleh khas Bandung. Mereka yang menjual oncom goreng tepung, misalnya di Jalan Djundjunan Pasteur Bandung, di Leuwipanjang, serta di Kosambi.


Oncom bisa dimasak untuk berbagai jenis masakan, diantaranya Ulukutek Leunca, Tutug Oncom, Pepes Oncom, dan bahan baku Sambel (sambal). Bisa dijadikan sebgai topping makanan, karena karakter rasanya yang khas, seringkali dipakai untuk topping Surabi (serabi), Nasi Kuning, atau sebagai saus cocol dari Ulen (ketan) bakar.


Racikan oncom pedas biasa dijadikan juga isi dari lontong, atau lebih terkenal lagi dijadikan isi Comro (dari asal kata "oncom di jero" atau "oncom di dalam"). Sedangkan untuk lauk makan sederhana, oncom bisa juga sekedar diiris agak tebal lalu dibalur garam dan digoreng / dibakar tidak terlalu kering.