Luar Biasa! Inovasi Maggot Jadi Solusi Efektif Kelola Sampah Organik di RW 09 Kelurahan Sukapura

Notification

×

Iklan

Iklan

Luar Biasa! Inovasi Maggot Jadi Solusi Efektif Kelola Sampah Organik di RW 09 Kelurahan Sukapura

Jumat, 23 Agustus 2024 | 07:59 WIB Last Updated 2024-08-23T00:59:51Z

 



NUBANDUNG.ID -- Pengelolaan sampah di RW 09 Kelurahan Sukapura, Kota Bandung, mendapatkan perhatian khusus dengan penerapan metode inovatif salah satunya melibatkan media maggot. RW 09 Kelurahan Sukapura sendiri tergabung dalam Program Kampung Iklim (Proklim).


Program Kampung Iklim (ProKlim) adalah program berlingkup nasional yang dikembangkan Kementerian Lingkungan Hidup (KLH) untuk mendorong partisipasi aktif masyarakat dan seluruh pihak dalam melaksanakan aksi lokal untuk meningkatkan ketahanan terhadap dampak perubahan iklim dan pengurangan emisi GRK


Menurut Ediyana, Ketua RW 09, salah satu fokus utama dalam program ini adalah pemanfaatan maggot untuk mengolah sampah organik.


"Alhamdulillah, rata-rata maggot dapat mengurangi sampah organik sebesar 1,5 hingga 1,8 ton per bulan," ujar Ediyana dikutip dari laman Kota Bandung, Jumat (23/8/2024).


Metode ini terbukti efektif, Ediyana menyampaikan dengan menggunakan metode maggot dapat menyerap sekitar 50% sampah organik dari total sampah yang dihasilkan di wilayah tersebut.


Sementara itu, sampah anorganik yang terdiri dari bahan-bahan seperti plastik dan logam, dikelola oleh petugas sampah dan pemulung, menyerap sekitar 30% dari total sampah. Sisanya, yaitu 20% berupa sampah residu, dibuang ke Tempat Pembuangan Sampah (TPS).


Ediyana juga menekankan pentingnya peran serta masyarakat dalam menjaga lingkungan.


"Pesan saya, kita harus lebih mencintai lingkungan dengan hal sederhana, yaitu mulai memilah sampah dan mengolah sampah dari rumah sendiri," tambahnya.


Inisiatif ini tidak hanya membantu mengurangi volume sampah yang masuk ke TPS, tetapi juga mendukung upaya pelestarian lingkungan di tingkat lokal.


Hal ini dibuktikan dengan berhasil nya RW 09 Kelurahan Sukapura meraih Penghargaan Program Kampung Iklim - Penghargaan Partisipasi Proklim Pratama dari Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia.


Penghargaan tersebut diberikan langsung oleh Menteri KLHK, Siti Nurbaya di Auditorium Dr. Soedjarwo Gedung Manggala Wanabakti KLHK Jakarta pada Selasa, 25 Oktober 2023.


Selain menggunakan metode maggot, di RW 09 Kelurahan Sukapura sendiri melalui kerja sama antara Pemerintah Kota Bandung dan PT Pindad ada juga program Green Cakra yang berfokus pada untuk mengubah sampah organik dari lingkungan menjadi pupuk kompos yang bermanfaat bagi masyarakat.


Ditambah juga pengembangan program MAUNG PANTES yang memanfaatkan lahan seluas 4.300 meter persegi untuk ditanami berbagai tanaman dan buah-buahan


Dengan kolaborasi yang kuat antara masyarakat, RW 09 Sukapura menjadi contoh yang inspiratif dalam pengelolaan sampah yang berkelanjutan.