Inilah 3 Rekomendasi Cemilan Aci Kekinian di Kota Bandung

Notification

×

Iklan

Iklan

Inilah 3 Rekomendasi Cemilan Aci Kekinian di Kota Bandung

Minggu, 28 Juli 2024 | 15:44 WIB Last Updated 2024-07-30T08:50:33Z

 



NUBANDUNG.ID -- Bukan orang Bandung namanya kalau tidak tau yang namanya aci! Di tangan warga tanah pasundan, aci bisa dibuat menjadi berbagai macam cemilan mulai dari gorengan, kuah, bahkan di kukus.


Dilansir dari laman Kota Bandung, Aci juga dikenal sebagai tepung tapioka atau tepung kanji. Tepung ini adalah hasil olahan dari akar ubi kayu dan menjadi salah satu jenis tepung yang sering digunakan oleh masyarakat Indonesia.


Tepung aci di tanah Jawa Barat termasuk di Kota Bandung sendiri mampu diolah menjadi beraneka macam olahan kuliner yang menggugah selera. Sebut saja cilok, cimol, cireng, dan masih banyak lagi.


Selain rasanya yang enak, cemilan atau jajanan berbahan aci biasanya dijual dengan harga yang murah. Hal ini yang menjadikan camilan berbahan dasar aci menjadi salah satu jajanan yang laris di Kota Bandung.

Beriku beberapa rekomendasi jajanan atau cemilan kekinian berbahan dasar aci.


 


1. Cimol Bojot


Cimpl bojot adalah cemilan yang teksturnya kenyal, padat, kecil dan rasanya gurih. Namun berbeda dengan cimol yang biasanya mengembang pada saat digoreng, cimol bojot biasanya hanya digoreng tanpa membuat adonan cimol tersebut mengembang.


Tidak hanya itu, yang menjadi pembeda utama cimol bojot dan cimol biasa adalah dari bumbu spesial setengah basah nya. Bumbu spesial yang terdiri dari bumbu minyak goreng dan cabai kering ditambah potongan daun jeruk membuat harum pedasnya semakin menggugah selera.


Biasanya untuk satu porsi cimol bojot dijual mulai dari harga Rp 5.000 saja.


 


2. Aci Tulang (Citul)


Rekomendasi selanjutnya bisa dibilang merupakan jajanan kreasi baru, yaitu Aci Tulang atau disingkat Citul.


Memiliki nama Aci Tulang karena adonan aci yang diisi dengan suwiran ayam ini dibentuk menyerupai paha ayam utuh, lengkap dengan tulang nya. Biasnaya dibalur dengan telur dan tepung roti sehingga membuat tampilan Citul tampak lebih menarik.


Untuk satu porsi citul dijual mulai dari harga Rp 5.000 saja, biasanya memiliki 2 macam varian rasa yaitu original, dan pedas.


 


3. Cireng Bumbu


Cireng memang bukan makanan yang asing lagi untuk wargi Bandung. Salah satu variasi cireng yang wajib dicoba adalah Cireng Bumbu.


Cireng bumbu terkenal karena saus-nya yang kental dicampur dengan bumbu kacang. Ukuran cireng nya pun berbentuk bulat dan relatif kecil, membuat tekstur yang dihasilnya menjadi gurih dan krispi.


Untuk satu porsi cireng bumbu biasanya dijual mulai dari harga Rp 5.000 saja.