Ingin Tembus Indeks Scopus, Tim Rumah Jurnal Benchmarking ke LPPM UPN Veteran Jakarta

Notification

×

Iklan

Iklan

Ingin Tembus Indeks Scopus, Tim Rumah Jurnal Benchmarking ke LPPM UPN Veteran Jakarta

Rabu, 17 Juli 2024 | 11:04 WIB Last Updated 2024-07-18T04:07:19Z



NUBANDUNG.ID -- Dalam rangka menjalin silaturrahmi, Tim Rumah Jurnal UIN Sunan Gunung Djati Bandung melakukan Benchmarking ke UPN Veteran Jakarta  tentang manajemen publikasi ilmiah berupa jurnal dan strategi jurnal untuk tembus indeks scopus. 


Tim Rumah Jurnal UIN langsung diterima oleh Ketua LPPM Dr. Sri Lestari Wahyuningroem dan didampingi oleh tim Rumah Jurnal UPN Veteran Jakarta yang berada dibawah naungan LPPM. Kegiatan diawali dengan sharing idea tentang peningkatan mutu jurnal baik dari aspek manajemen OJS, proses editor dan review sampai pada kualitas artikel. 


Koordinator Rumah Jurnal UIN Sunan Gunung Djati Bandung Hamdan Sugilar, M.Pd. menjelaskan maksud dan tujuan kedatangan kami adalah untuk terjalinnya komunikasi dan potensi kerjasama serta bertukar pengalaman terkait manajemen pengelolaan jurnal. 


Dalam sambutannya koordinator Rumah Jurnal UIN Sunan Gunung Djati Bandung menyampaikan "apresiasi yang tak terhingga karena sudah diterima kunjungannya dan disambut dengan penuh ke ramah tamahan," tegasnya, Rabu (17/7/2024).


Dr. Sri Lestari Wahyuningroem selaku Ketua LPPM UPN Veteran Jakarta yang ditemani oleh Dr. Ibnu Malkan Bakhrul Ilmi, S.Gz.,M.Si  selaku sekertaris LPPM sangat antusias serta mendukung apapun terkait dengan pengelolaan jurnal, Rumah Jurnal UPN Veteran Jakarta masih berada di bawah naungan LPPM yang di koordinatori oleh Dwi Fajar Saputra, S.Sos.,M.M yang sering disapa pak Dudu dan tim Rumah jurnal lainnya. 


Dr. Sri Lestari menambahkan bahwa para pengelola jurnal harus memiliki semangat dan jiwa yang tinggi untuk menjaga kualitas artikel dengan baik dan menjaga jurnal tetap eksis. "Bagi yang mengajukan jurnal baru kita tidak langsung diberikan ojs-nya jadi kumpulkan dulu sampai 15 artikel baru atau artikel yang disiapkan untuk terbitan selama dua volume atau dua tahun," paparnya.


Program kegiatan lainnya adalah memberikan layanan pendampingan kepada jurnal yang akan mengajukan akreditasi ataupun reakreditasi, "melalui saling support antar pengelola jurnal, bagi jurnal yang sudah terakeditasi memberikan bantuan support kepada jurnal yang sedang akreditasi sehingga tercipta saling maju bersama," ujarnya. 


Targetan kami dari Rumah Jurnal UPN Veteran Jakarta, "mudahan-mudahan bisa seperti UIN Bandung yang memiliki 3 jurnal terindek scopus atau bahkan lebih, dengan terjalinnya silaturahmi ini mudah-mudahan bisa saling berkolaborasi membangun simbiosis mutualisme dan kedepannya saling bersinergi," pungkasnya.