Bersama Komunitas Aleut, Yuk Telusuri Sejarah Bandung

Notification

×

Iklan

Iklan

Bersama Komunitas Aleut, Yuk Telusuri Sejarah Bandung

Kamis, 27 Juni 2024 | 11:32 WIB Last Updated 2024-06-27T04:32:41Z

 




NUBANDUNG.ID -- Komunitas Aleut adalah komunitas pejalan kaki dan pecinta sejarah Kota Bandung. 


Berbagai komunitas di Kota Bnadung tentu sudah banyak yang kita kenal seperti. Komunitas sepeda ontel, komunitas pecinta skateboard, komunitas penggemar motor antik hingga komunitas motor gede. Berbagai komunitas tersebut seringkali menunjukkan eksistensi mereka. 


Ternyata di Kota Bandung terdapat komunitas yang jauh lebih sederhana tetapi memiliki manfaat yang amat besar. Komunitas Aleut adalah komunitas pejalan kaki dan pecinta sejarah Kota Bandung. Sekretariat komunitas ini berada di Jalan Pasir Luyu Hilir No. 30, Pasirluyu, Kota Bandung. Komunitas ini telah menjelajahi kota kembang secara keseluruhan. 


Dilansir dari laman Kota Bandung, Aleut merupakan komunitas nirlaba yang awalnya menekuni sejarah. Seiring waktu, komunitas ini mendalami banyak hal selain sejarah. Komunitas Aleut sudah berjalan sejak 1990-an, namun pencatatan anggota baru dilakukan sekitar 2006. Web resmi Aleut, komunitasaleut.com, dalam artikel “Komunitas Aleut: Bandung Pernah Mendapat Julukan Kota Kuburan” yang, menyebut komunitas ini terbentuk berawal dari ospek mahasiswa jurusan Sejarah Universitas Padjadjaran.


Ngaleut berasal dari bahasa Sunda yang bermakna berjalan beriringan. Gagasan inilah yang kemudian dikembangkan menjadi “aleut” sebagai nama komunitas. Inas selaku koordinator komunitas mengatakan bahwa komunitas ini tidak hanya berorientasi pada sejarah tetapi juga bertujuan untuk memberi edukasi lingkungan, kesehatan, serta pengembangan minat dan bakat bagi para anggotanya. 


Hal ini dibuktikan dengan beragam kegiatan lain yang menjadi agenda komunitas ini. Selain ngaleut, terdapat dua kegiatan lain yakni kelas literasi dan Aleut Development Program. Kelas literasi merupakan kegiatan rutinan yang dilakukan sebanyak satu hingga dua kali dalam seminggu. Kelas literasi diisi dengan diskusi mengenai buku, film, lagu, hingga pembahasan lain yang telah disepakati bersama.


Ragam kegiatan yang dilakukan komunitas ini menunjukkan bahwa komunitas pejalan kaki yang sederhana memiliki manfaat yang sangat banyak. Dikatakan sederhana karena komunitas ini tidak menuntut anggotanya untuk memiliki barang-barang mewah dan mahal. Hanya dengan jiwa yang sehat dan kuat, para anggota dapat bersama-sama mengikuti setiap kegiatan di komunitas ini. Untuk menjadi bagian dari komunitas ini sangatlah mudah. Kita hanya perlu mengikuti akun Instagram @komunitasaleut untuk mendapat informasi pendaftaran.