Welas Asih, Kecakapan Hidup Zaman Ini

Notification

×

Iklan

Iklan

Welas Asih, Kecakapan Hidup Zaman Ini

Jumat, 28 Juli 2023 | 15:24 WIB Last Updated 2023-09-06T06:45:29Z


NUBANDUNG.ID
- Welas asih meningkat keefektifannya saat kita matang dalam mempraktikkan kualitas inti hati, seperti cinta tanpa syarat, kelonggaran, penerimaan, dan keinginan yang tidak terikat untuk hasil tertinggi bagi semua pihak. 


Menumbuhkan sifat-sifat hati ini memperkuat welas asih kita dan membebaskannya untuk melayani yang terbaik. Welas asih sejati bermanfaat bagi pengirim dan penerima, meskipun kita tidak selalu dapat melihat cara welas asih memelihara dan menyembuhkan atau membuatnya lebih mudah untuk menyesuaikan diri dengan situasi yang lebih sulit yang kita alami.


Seringkali ketika anak-anak kecil tertekan, tidak bahagia, atau mengalami amukan, kita secara naluriah mengarahkan energi mereka dengan memberi mereka mainan atau perhatian penuh kasih, dan hampir seketika mereka dapat mengubah nada frekuensi (getaran) mereka menjadi ketenangan, kegembiraan, kegembiraan, atau kepuasan. 


Alasan utama mengapa anak kecil sering mengubah emosi yang menekan dengan cepat adalah karena di tahun-tahun awal perkembangan mereka, mereka masih terhubung dengan frekuensi yang lebih tinggi dari sifat alami hati mereka, seperti cinta yang tidak rumit, transparansi, kurangnya prasangka, dan kekuatan super mereka untuk melepaskan dan melepaskan. 


Pikiran mereka belum dikuasai oleh pola pikir dan kebiasaan masyarakat getaran rendah yang tak terhitung jumlahnya yang sering membayangi perasaan dan pilihan hati mereka yang lebih tinggi.


Banyak dari kita kadang-kadang merasa terkuras dan stres karena apa yang kita pikir memberikan welas asih . Pengurasan dan penipisan energi ini dapat dipicu terutama dari perawatan empati yang tidak seimbang. 


Empati dapat menghasilkan perasaan peduli yang kuat, tetapi sering kali datang dengan tentakel yang menciptakan keterikatan berlebihan pada apa yang kita pedulikan.


Welas asih adalah salah satu energi cinta pendukung tertinggi. Saya dulu berpikir itu untuk memperbaiki orang lain. Kita dapat saling mendukung dengan cinta dan kasih sayang kita, tetapi orang-orang harus melakukan perbaikan sendiri dari dalam. 


Saya adalah seorang “Mr Perbaiki semua” sampai saya mengetahui bahwa orang harus membuat penyesuaian sendiri atau tantangan akan terus berulang—terkadang dalam pengaturan yang berbeda, dan terkadang dalam keadaan yang jauh lebih sulit. 


Seringkali masalah yang kita buru-buru perbaiki untuk orang lain adalah peluang pertumbuhan mereka untuk belajar terhubung lebih dalam di dalam hati dan jiwa mereka sendiri untuk mendapatkan arahan dan solusi.


Belajar menyeimbangkan interaksi empati kita adalah langkah besar untuk memahami nada welas asih sejati. Welas asih adalah cinta tanpa syarat yang mendukung hasil tertinggi bagi orang lain tanpa menghabiskan cadangan energi pribadi kita. 


Sedangkan empati yang tidak terkelola, keterikatan simpatik, dan "perhatian lelah" adalah batu karang untuk melihat ke belakang ketika kita merasa terkuras untuk memperluas apa yang kita rasakan sebagai belas kasih hati kita. 


Salah satu alasan mengapa welas asih disalahpahami adalah karena selama berabad-abad, orang telah menggunakan istilah "kasih sayang" sebagai kata penutup yang nyaman.kata untuk apa yang seringkali simpati, empati, kasihan, atau kekhawatiran yang berlebihan. 


Lebih banyak orang didorong dari dalam untuk mendapatkan pemahaman yang lebih dalam tentang welas asih, karena welas asih menempati urutan teratas dari apa yang paling bermanfaat bagi umat manusia di masa transisi ini. 


Welas asih adalah frekuensi inti yang kuat di dalam hati kita, tetapi dalam banyak kasus dibutuhkan latihan untuk merasakan cinta dan kepedulian terhadap orang-orang yang mengalami stres ekstrem tanpa menjadi terlalu teridentifikasi dengan tantangan mereka (kurva pembelajaran bagi kita semua). 


Salah satu ekspresi belas kasih sejati adalah ketika kita dapat menyimpan cinta dan cahaya untuk orang lain di saat-saat gelap, tanpa menguras tenaga kita sendiri dan bergabung dengan mereka dalam kegelapan.


Menyoal tentang Empati 


Karena welas asih sering dikacaukan dengan empati, saya merasa akan sangat membantu untuk menyatakan kembali beberapa poin yang membedakan kedua ekspresi perhatian ini. 


Seperti disebutkan sebelumnya, kepekaan terhadap rasa sakit orang lain sering kali memicu perasaan kasih sayang dan perhatian empatik; namun, keefektifan perawatan kita berkurang dengan cepat ketika kita terlalu terikat secara mental dan emosional dengan masalah mereka. 


Empati dapat merasakan penderitaan orang lain namun dapat dikelola untuk menjaga keseimbangan dan ketenangan energik dalam perawatannya. 


Berita, tantangan anak-anak, masalah kesehatan orang lain, dll. dapat menimbulkan respons empati kita yang, tanpa manajemen, dapat memicu pengurasan terus-menerus di seluruh sistem kita bahkan jika kita merasa seperti kita "bertanggung jawab". 


Empati dimulai sebagai aset, namun bisa menjadi sumber kesengsaraan jika kita tidak menemukan keseimbangan dengannya. Momen realitas adalah ketika kita menyadari (tidak hanya secara intelektual, tetapi benar-benar memahaminya) bahwa empati yang tidak dikelola dapat menghasilkan defisit energi terus-menerus yang jauh melebihi "kebaikan" yang menurut kita kita berikan kepada orang lain. 


Berikut ini adalah hasil standar yang sebagian besar dari kita pernah baca atau alami dari empati yang tidak terkelola:


Di tepi kelelahan, kita akhirnya marah pada diri sendiri karena tenggelam terlalu dalam ke tantangan orang lain, atau masalah dunia, dan kemudian kita marah karena tidak ada yang bisa disalahkan selain diri kita sendiri (meskipun kita mencobanya dengan baik). 


Ini menjadi lebih buruk ketika kita ingat bahwa kita belajar pelajaran kita terakhir kali ini terjadi — dan di sinilah kita lagi. Ini sering diikuti oleh penilaian diri dan pengurangan diri sampai kita terlalu lelah bahkan untuk melakukan itu. 


Kemudian kami dengan stres mengumpulkan kembali diri kami sendiri selama beberapa waktu dan memulai dari awal dengan komitmen perawatan diri yang baru, merasa seperti kami benar-benar telah mempelajari pelajaran kami kali ini. 


Kita dapat mengubah akhir cerita tentang penyergapan yang dibuat sendiri ini dengan lebih memperhatikan perasaan intuitif yang memberi sinyal kepada kita ketika perhatian empatik kita menjadi tidak seimbang karena keterikatan berlebihan dan penipisan diri. 


Perasaan intuitif hati kita sering memberikan peringatan sebelum penipisan diri terjadi, tetapi kita sering gagal mengambil tindakan karena kita menganggap identitas emosional yang berlebihan terhadap apa yang kita pedulikan dibenarkan. Terkadang pikiran kita pandai mengalihkan kita dari sugesti hati kita yang lebih bijak.


Seperti banyak orang lainnya, intuisi hati saya terhalang oleh salah tafsir pikiran saya tentang empati. Saya pikir hidup di ambang kelelahan karena melayani orang lain adalah bajik dan mulia. Saya merasa itu adalah bukti pengorbanan diri saya “untuk berbagi cahaya dan menyebarkan kebaikan” seperti seorang kesatria cilik. 


(Bayangkan seorang kesatria dalam ketidaktahuan yang bersinar dalam sebuah misi untuk memperbaiki semua orang , berapa pun biaya pribadinya — itu adalah saya pada usia dua puluh lima tahun.) 


Sebagian besar dari pengalaman itu berasal dari kesombongan ego anak muda, bercampur dengan perawatan empatik yang tulus, namun tidak seimbang . Saya telah pindah sejak saat itu setelah mempelajari pelajaran yang sama, berulang kali. 


Tapi saya masih memantau dengan cermat perbedaan antara empati dan perhatian yang seimbang. Itu tetap tinggi dalam daftar pribadi saya tentang praktik pemeliharaan perawatan diri.


Ingat, empati itu sendiri bukanlah sumber energi yang terkuras; itu adalah kesalahan penanganan empati yang tidak disengaja yang menguras dan membebani kesejahteraan kita. 


Hati kita memiliki kapasitas untuk mempertahankan detasemen energik dan keseimbangan emosional, tetapi ini membutuhkan sedikit latihan yang tulus untuk diterapkan. Itu adalah salah satu hadiah paling berharga yang dapat kita berikan kepada diri kita sendiri. 


Empati yang seimbang dapat memelihara dan melayani orang lain tanpa melayani kita dengannya. Mempelajari perbedaan antara keterikatan empati yang lebih rendah dan perhatian yang seimbang dapat membantu menyelesaikan sebagian besar masalah seputar empati—dan membantu kita menjadi dewasa dalam pemahaman tentang belas kasih sejati dan keefektifannya. 


Praktik ini mungkin membantu dalam menyeimbangkan empati:


Berlatihlah menonton beberapa adegan film yang direkam di mana karakternya mengalami rasa sakit fisik atau emosional dalam jumlah sedang yang menciptakan perasaan simpatik atau empati yang menantang dalam diri Anda. Saat Anda menonton, bernapaslah dengan santai dan berlatih melepaskan diri dari identifikasi emosional yang berlebihan.


Jika Anda melakukan ini cukup sering, pada akhirnya Anda akan menemukan tempat di dalam diri Anda di mana Anda dapat mengatur perasaan Anda. Anda akan mulai menyadari bahwa Anda benar-benar dapat benar-benar peduli dengan apa yang sedang terjadi tanpa menarik Anda ke dalamnya. 


Keuntungan dari menonton adegan beberapa kali berturut-turut adalah memberi Anda lebih banyak kesempatan untuk bereksperimen dengan menemukan saklar batin yang mengatur output emosional Anda. 


Berlatih dengan adegan film memberi Anda awal yang cepat untuk mempelajari kebosanan dan ketenangan yang disengaja, yang membantu mempelajari welas asih sejati. 


Jenis praktik ini sering digunakan oleh responden pertama untuk belajar mempertahankan ketenangan emosional saat mereka merespons kecelakaan mobil, bencana, dan semacamnya. 


Keterampilan ini dapat dikembangkan. Ketahuilah dalam hati bahwa menjaga ketenangan emosi, tanpa menderita bersama orang yang kesusahan, tidak berarti Anda kurang peduli pada mereka. Perhatian dan kasih sayang Anda sebenarnya lebih efektif. ***


Sumber: heartmath.com

(Bersambung)