NUBANDUNG – Guna mendukung akselerasi pemulihan ekonomi nasional di sektor pariwisata, PT Telkom Indonesia Tbk (Telkom) bersama Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) RI berkolaborasi dalam mengembangkan Jaringan Pariwisata (JP) Hub, berupa platform Wonderin.id.
Wonderin.id merupakan platform digital untuk travel dan tourism Indonesia yang dikembangkan Telkom. Tujuannya untuk mewujudkan digitalisasi industri pariwisata di 5 Destinasi Super Prioritas (DPSP) di Indonesia.
Kolaborasi tersebut memiliki ruang lingkup yang meliputi pelatihan dan pendampingan pelaku pariwisata dalam digitalisasi sektor akomodasi, tempat wisata, dan paket wisata. Program ini dimulai dari lokasi di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT) yang merupakan Destinasi Pariwisata Super Premium yang dicanangkan oleh Presiden RI, Joko Widodo.
Nantinya 10 kabupaten menjadi target pelaksanaan digitalisasi (onboarding), diantaranya Kab. Manggarai, Manggarai Barat, Manggarai Timur, Ngada, Nageko, Ende, Sikka, Lembata, Flores Timur, dan Alor.
Mengutip dari laman bumn.go.id, Direktur BAKTI, Anang Latief, menyampaikan, BAKTI Kominfo selain melakukan pemerataan infrastruktur terutama di daerah Terdepan, Terluar, dan Terpencil, serta daerah yang masih belum memiliki akses telekomunikasi. Juga melakukan pengembangan ekosistem digital.
“Salah satunya kerja sama dengan Telkom tidak hanya terbatas menyediakan koneksi telekomunikasi. Namun, juga memberikan nilai nambah dalam bentuk kemampuan digital untuk menunjang ekonomi masyarakat khususnya terkait pariwisata,“ ucap Anang.
Sementara itu, SVP Corporate Communication & Investor Relation Telkom, Ahmad Reza, menuturkan, Telkom terus berinisiatif untuk mengambil peran terdepan dalam memastikan adopsi pemanfaatan teknologi berbasis digital guna mendorong pemulihan perekonomian, termasuk industri pariwisata.
“Melalui Wonderin.id kami akan senantiasa mendorong upaya kolaboratif bersama seluruh pemangku kepentingan. Guna mencapai proses digitalisasi pariwisata yang lebih baik ke depannya,” tuturnya.
Reza juga menambahkan, pelatihan tersebut diharapkan menjadi kegiatan interaktif yang mampu memfasilitasi para pemilik usaha dalam mengembangkan potensi bisnisnya, berbekal transformasi digital yang diterapkan secara holistis.
“Diharapkan, layanan ini akan mempermudah proses pengelolaan hingga penjualan. Sehingga berbagai pengelola bisnis wisata dapat terus bergerak maju mengikuti perkembangan terkini. Kami meyakini dengan adanya digitalisasi akan menjadikan Indonesia lebih baik lagi,” harap Reza.
Wonderin.id buatan Telkom ini, menjadi solusi teknologi yang mendorong pengembangan ekosistem pariwisata. Dengan menghadirkan layanan unggulan mencakup XGDS (Global Distribution System).
Layanan untuk membangun jaringan yang kuat dengan mitra pariwisata dalam memasarkan produk dan layanan. Kemudian menyederhanakan akses distribusi, informasi, dan analisis bisnis perjalanan untuk meningkatkan pengalaman transaksi bagi para mitra.
Dengan adanya kolaborasi berbagai pihak, baik BUMN dan pelaku pariwisata, Wonderin.id terus memperkuat perannya dalam mendampingi para pelaku UMKM. Agar menjadi penggerak utama pertumbuhan perekonomian pariwisata nasional serta kemajuan ekosistem digital yang inklusif dan berkelanjutan di Indonesia.